Kisah Tragis Tragedi Sepakbola Eropa

"Heysel. (c) supersoccer.co.id 1) Petaka Glasgow Salah satu tragedi terburuk sepakbola Britania Raya. Pertandingan antara Inggris lawan Skotl..."

Selamat siang kawan Master Kids99 kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Kisah Tragis Tragedi Sepakbola Eropa, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://masterkids99.blogspot.com/2014/04/unik-fakta-dari-kartun-doraemon.html dan berikut adalah artikel yang membahas Kisah Tragis Tragedi Sepakbola Eropa,,oke deh langsung saja berikut tips Kisah Tragis Tragedi Sepakbola Eropa.

Deretan tragedi sepakbola dunia
Heysel. (c) supersoccer.co.id



1) Petaka Glasgow

Salah satu tragedi terburuk sepakbola Britania Raya. Pertandingan antara Inggris lawan Skotlandia di Stadion West Stand, Ibu Kota Glasgow pada 1902 jadi bencana ketika tribun sebelah barat runtuh.

Korban tewas mencapai 25 orang, sementara 517 suporter kedua tim nasional cedera. Pertandingan dihentikan dalam skor imbang 1-1. Atas kesepakatan dua tim, laga ini dianggap tidak pernah terjadi.


2) Petaka Luzhniki

Laga Piala Champions antara Spartak Moskow lawan HFC Harleem dari Belanda pada 20 Oktober 1982 di Stadion Lenin atau Luzhniki menjadi insiden terburuk sepakbola Uni Soviet.

Pertandingan digelar pada suhu minus 10 derajat celcius. Laga di stadion tanpa atap itu sempat dihentikan karena ada suporter wanita terjatuh dari tribun.

Hampir 90 menit pertandingan, sebagian besar penonton mengira laga berakhir imbang. Mereka berdesak-desakan pulang. Rupanya, di detik akhir, terjadi gol.

Para pendukung Spartak yang rata-rata anak muda berebut masuk ke stadion karena ingin menyaksikan laga kembali.

Kekacauan makin memburuk karena hawa dingin melumpuhkan banyak orang yang kelelahan setelah saling dorong.

Sehari setelah kejadian, 66 suporter tuan rumah dinyatakan tewas. Namun, rupanya ada data lain yang menyatakan korban tewas mencapai 340 orang. Pemerintah Soviet saat itu dituding menutup-nutupi kondisi sebenarnya. Jumlah korban masih sumir sampai sekarang.


3) Petaka Hillsborough

Tragedi Hillsborough merupakan peristiwa terburuk dalam sejarah sepak bola Inggris.
Korban tewas berjatuhan menyusul membludaknya penonton yang ingin menyaksikan duel semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest di Stadion Hillsborough, pada 15 April 1989.

Musibah ini menyebabkan 96 suporter tewas setelah tribun rubuh. Polisi menuding pendukung Liverpool banyak yang datang tanpa tiket. Mereka memaksakan diri masuk ke stadion.

Akibat insiden ini, Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) memaksa semua stadion di negara itu membangun kursi. Sekarang, klub papan atas Inggris tidak memiliki tribun berdiri dan mencopot semua pagar besi yang bisa melukai penggemar.


4) Petaka Accra

Pada 9 Mei 2001, pertandingan sepakbola di Ibu Kota Akra, Ghana, mencapai detik-detik akhir. Tinggal lima menit tersisa dalam laga antara tim tuan rumah Accra Hearts of Oaks SC lawanrival berat Kumasi Asante Kotoko.

Mendadak suporter tamu mengamuk karena Hearts unggul. Mereka menganggap gol offside. Pendukung Asante mulai membakar bangku dan berusaha memanjat pagar.

Polisi malah memperpanas suasana dengan menembakkan gas air mata. Dalam situasi ricuh, konon pintu keluar stadion terkunci. Akibatnya 126 suporter tewas terinjak dan ratusan lain cedera. Presiden Ghana John Kufour segera mengumumkan sepekan berkabung.

Tragedi ini merupakan kerusuhan terburuk dalam sejarah sepakbola Afrika.


5) Petaka Port Said

Tragedi berdarah rupanya berulang pada 1 Februari tahun ini. Sebanyak 74 orang tewas dan 136 orang cedera setelah terjadi kerusuhan dalam pertandingan Liga Premier Mesir antara Al-Masry melawan Al-Ahly di Kota Port Said.

Tragedi bermula saat ribuan suporter Al-Masry menyerbu ke lapangan dan mengejar pemain dan staf tim tamu usai pertandingan. Mereka juga mengejar pendukung Ahly dan melakukan aksi pembakaran.

Akibat insiden ini Federasi Sepak Bola Mesir mengumumkan masa berkabung dan menghentikan sementara jalannya liga. Pemerintah Negeri Piramida itu juga telah memenjarakan 75 suporter yang dianggap memicu bentrokan.

Kumpulan tips dan trik internet 2016, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : asuransi, prudential indonesia, asuransi prudential, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi mobil, asuransi sinar mas, pengertian asuransi, asuransi jiwa, asuransi indonesia

Anda sedang membaca artikel Kisah Tragis Tragedi Sepakbola Eropa di Master Kids99. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://masterkids99.blogspot.com/2014/04/inilah-hewan-yang-sering-berpuasa.html atau http://masterkids99.blogspot.com/2014/04/unik-fakta-dari-kartun-doraemon.html.

Semua artikel yang ada di Master Kids99 adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah "Heysel. (c) supersoccer.co.id 1) Petaka Glasgow Salah satu tragedi terburuk sepakbola Britania Raya. Pertandingan antara Inggris lawan Skotl..."

Buat yang ingin membuat blog atau website dengan harga terjangkau kalian bisa buka AsiadevMedia.com untuk melihat harga detailnya.

No comments:

Post a Comment