kisah pilu pengungsi vietnam di pulau galang

"Sungguh sangat memilukan membaca kisah para pengungsi Vietnam ini. Bermula dari perang saudara antara Vietnam Selatan dengan Vietnam Utara (..."

Selamat siang kawan Master Kids99 kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul kisah pilu pengungsi vietnam di pulau galang, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://masterkids99.blogspot.com/2014/04/sejarah-pulau-galang-sebagai-tempat.html dan berikut adalah artikel yang membahas kisah pilu pengungsi vietnam di pulau galang,,oke deh langsung saja berikut tips kisah pilu pengungsi vietnam di pulau galang.

Sungguh sangat memilukan membaca kisah para pengungsi Vietnam ini. Bermula dari perang saudara antara Vietnam Selatan dengan Vietnam Utara (Vietkong). April 1975 Vietnam Utara memenangkan perang saudara ini dan menimbulkan chaos yg luar biasa. Para penduduk Vietnam Selatan banyak yang mengungsi dengan perahu seadanya, bahkan ada yang bocor. Mereka mengarungi lautan tanpa arah yang tentu sampai akhirnya mereka terdampar di Kepulauan Riau. Tercatat mereka mendarat di Tanjung Tuban, Kepulauan Natuna, Pulang Galang, dan pulau-pulau kecil lain yang tidak berpenghuni.
Sisa Perahu Vietnam
Kurang lebih 250ribu pengungsi Vietnam mendarat ke kepulauan di Indonesia dalam beberapa gelombang. Mereka berjuang hidup mengendarai perahu yang berisikan 40-100 orang tiap perahu. Dan ini menjadi perhatian Indonesia dan dunia internasional. AkhirnyaUNHCR (United Nation High Commission for Refugees) dengan disetujui oleh pemerintah Indonesia mendirikan pusat penampungan sementara pengungsian di Pulang Galang. Di sana dibangun berbagai fasilitas seperti rumah sakit, rumah-rumah penampungan pengungsi, rumah-rumah pekerja UNHCR, vihara, gereja, depo bahan bakar, jalan-jalan penghubung dan pelabuhan kecil untuk pasokan kebutuhan hidup. Pelabuhan ini disebut sebagai Pelabuhan Karyapura.
Gereja di P. Galang
Selama tahun 1979 s/d 1996 Pulau Galang menjadi perkampungan Vietnam. Telah beratus-ratus orang Vietnam yg meninggal di sini, selain karena sakit juga karena memang sudah tua. Selama 18 tahun ini pula mereka telah beregenerasi. Tetapi memang pengungsi Vietnam ini diisolasi dari penduduk asli Indonesia. Selain karena demi mudahnya pengawasan, pengaturan dan keamanan, juga karena supaya tidak menyebarnya penyakit di antara kedua bangsa ini. Seperti kita tahu, ada pengungsi ini yang membawa penyakit Vietnam Rose, yaitu suatu penyakit kelamin yang sangat berbahaya.
Di tahun 1996 UNHCR menyatakan tidak lagi memiliki dana untuk membiayai tempat pengungsian di Pulau Galang ini. Akhirnya para pengungsi harus dikembalikan atau berpindah ke negara lain yang mau menampungnya. Kurang lebih 5.000 pengungsi kembali ke Vietnam dan sisanya tersebar ke manca negara, di antaranya ke Australia dan Amerika.
Kini areal ini menjadi areal memorial yang mengingatkan kita akan tragedi di masa lalu. Kita dapat mengunjungi museum konservasi terbuka ini di Pulau Galang. Di sinilah ada peristiwa di suatu masa suatu kekejaman yang penuh dengan kepiluan. Di mana ribuan orang pernah hampir kehilangan harapan hidup dan tidak tahu harus kemana selain ikut terhanyut oleh gelombang laut di atas perahu yang bocor.
Juga suatu bukti bahwa rasa kemanusiaan itu penting dan mendapat tempat terhormat di dunia. Terbukti adanya kerja sama yang sangat baik antara Indonesia dengan UNHC.
Sumber External:

Kumpulan tips dan trik internet 2016, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : asuransi, prudential indonesia, asuransi prudential, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi mobil, asuransi sinar mas, pengertian asuransi, asuransi jiwa, asuransi indonesia

Anda sedang membaca artikel kisah pilu pengungsi vietnam di pulau galang di Master Kids99. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://masterkids99.blogspot.com/2014/04/foto-foto-sepeda-lowrider-yang-unik-dan.html atau http://masterkids99.blogspot.com/2014/04/sejarah-pulau-galang-sebagai-tempat.html.

Semua artikel yang ada di Master Kids99 adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah "Sungguh sangat memilukan membaca kisah para pengungsi Vietnam ini. Bermula dari perang saudara antara Vietnam Selatan dengan Vietnam Utara (..."

Buat yang ingin membuat blog atau website dengan harga terjangkau kalian bisa buka AsiadevMedia.com untuk melihat harga detailnya.

No comments:

Post a Comment