HUKUM ORANG MENELAN AIR LIUR/LUDAH SAAT PUASA

"Assalamualaikum Wr.Wb, kembali lagi dengan admin bagus ainurrahman disini, nah kita bertemu lagi di hari keempat bulan puasa tahun 2015 ya, ..."

Selamat siang kawan Master Kids99 kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul HUKUM ORANG MENELAN AIR LIUR/LUDAH SAAT PUASA, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://masterkids99.blogspot.com/2015/06/hal-kebiasaan-yang-dapat-mengasah.html dan berikut adalah artikel yang membahas HUKUM ORANG MENELAN AIR LIUR/LUDAH SAAT PUASA,,oke deh langsung saja berikut tips HUKUM ORANG MENELAN AIR LIUR/LUDAH SAAT PUASA.

Assalamualaikum Wr.Wb, kembali lagi dengan admin bagus ainurrahman disini, nah kita bertemu lagi di hari keempat bulan puasa tahun 2015 ya, nah kali ini admin akan berbagi sedikit informasi yang mungkin anda juga pernah memikirkan, dan juga bertanya-tanya tentang jawabannya.

nah kali ini admin akan membahas, tentang bagaimana sih hukumnya menelan ludah saat puasa? apakah bisa membatalkan puasa? nah simak pembahasan dan jawabannya yang admin dapat dari bertanya dengan ustad yang mengisi acara buka bersama di desa admin kemarin hari sabtu, oke langsung saja.

Saat kita puasa, pasti cairan ditubuh kita akan berkurang, namun cairan di lidah kita atau ludah kita malah berkumpul banyak, nah terkadang kita malas untuk meludah, dan terkadang kita menelannya walaupun itu tidak sengaja. Nah kalau hari-hari biasa, itu tidak apa-apa, namun kalau pas kita lagi puasa gimana? apakah hal itu membatalkan puasa kita? nah ini jawaban yang saya dapat kemarin sore...



Hukum menelan ludah disaat puasa


Menelan ludah tidak membatalkan puasa kita, walaupun terkadang kita banyak atau sering melakukan ketika di masjid maupun di tempat-tempat lainnya. Akan tetapi, jika berupa dahak yang kental maka sebaiknya tidak ditelan, tetapi diludahkan atau dikeluarkan, dan jangan sampai tertelan.

Jika anda bertanya, “Bolehkah menelan dahak dengan sengaja?” jawabannya: tidak boleh, kita tidak boleh menelan dahak, baik bagi yang berpuasa maupun yang tidak berpuasa, karena memang dahak atau riak itu adalah benda kotor. Bahkan, hal itu bisa menjadi penyakit, karena dahak itu adalah hasil metabolisme dari tubuh kita. Namun, menelan dahak tidak membatalkan puasa, selama belum diludahkan atau sudah melewati kerongkongan kita/tenggorokan. Menelan dahak juga tidak bisa dinamakan makan ataupun minum. Jika ada orang yang menelannya, padahal dahak sudah berada di mulut, hal ini pun tidak membatalkan puasanya. 

intinya kalau kita menelan air liur kita itu tidak membatalkan puasa, sesering mungkin itu tidak membatalkan puasa kita, namun kalau kita menelan dahak dan dahak kental itu sudah mencapai mulut, dan kembali kita telan itu bisa membatalkan puasa (atau katakan menelan dengan sengaja), namun kalau dahak belum sampai mulut itu tidak membatalkan puasa, apabila bisa diludahkan, kita ludahkan saja. nah hal ini juga masih menjadi perdebatan banyak ulama di dunia.

nah benar atau tidaknya, yang tahu hanyalah ALLAH S.W.T kita hanya berpedoman dengan Al'quran dan kebiasaan Nabi dan para sahabatnya.

nah sedikit informasi mengenai menelan ludah apakah bisa membatalkan puasa? semoga jawaban diatas, bisa menjawab rasa penasaran anda semua, semoga di bulan puasa 2015 ini kita menjadi orang-orang pilihan ALLAH S.W.T, dan setelah selesai bulan ramadhan ini semoga kita mendapat berkah dan ampunannya. saya bagus ainurrahman pamit nantikan informasi-informasi mengenai bulan ramadhan hanya di situs ini, selama bulan ramadhan admin akan update tiap hari...


Kumpulan tips dan trik internet 2016, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : asuransi, prudential indonesia, asuransi prudential, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi mobil, asuransi sinar mas, pengertian asuransi, asuransi jiwa, asuransi indonesia

Anda sedang membaca artikel HUKUM ORANG MENELAN AIR LIUR/LUDAH SAAT PUASA di Master Kids99. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://masterkids99.blogspot.com/2015/06/sebagian-blogger-beralih-ke-agc-mengapa.html atau http://masterkids99.blogspot.com/2015/06/hal-kebiasaan-yang-dapat-mengasah.html.

Semua artikel yang ada di Master Kids99 adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah "Assalamualaikum Wr.Wb, kembali lagi dengan admin bagus ainurrahman disini, nah kita bertemu lagi di hari keempat bulan puasa tahun 2015 ya, ..."

Buat yang ingin membuat blog atau website dengan harga terjangkau kalian bisa buka AsiadevMedia.com untuk melihat harga detailnya.

No comments:

Post a Comment