Review Cross A26, Kelebihan dan Kekurangannya

" Teknologi memang sangat menggoda, terutama bagi mereka yang tidak mau ketinggalan jaman dan dikatakan katrok. Itu pula yang menimpa saya, m..."

Selamat siang kawan Master Kids99 kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Review Cross A26, Kelebihan dan Kekurangannya, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://masterkids99.blogspot.com/2013/04/tampilan-baru-untuk-edit-html-di-blogger.html dan berikut adalah artikel yang membahas Review Cross A26, Kelebihan dan Kekurangannya,,oke deh langsung saja berikut tips Review Cross A26, Kelebihan dan Kekurangannya.


Teknologi memang sangat menggoda, terutama bagi mereka yang tidak mau ketinggalan jaman dan dikatakan katrok. Itu pula yang menimpa saya, meski diantara teman-teman sekantor, Hape saya termasuk tercanggih, namun karena saya terlalu perhatian dengan perkembangan gadget, maka sayapun selalu berusaha mengikuti trend.

Selama ini saya percaya merk Nokia sebagai ponsel mumpuni, dengan harga yang wajar, kita akan mendapatkan hape yang lumayan baik dan tidak mengecewakan. Saya selalu memilih hape dengan system operasi yang bisa memaksimalkan hape, kalo di Nokia ya Symbian. Dengan maksimalisasi OS, maka handphone bukan sekedar berfungsi untuk call dan sms, bahkan juga untuk nonton film hingga GPS penunjuk arah.

Namun akhir akhir ini saya tertarik pindah operasi system, salah satunya pada android. Celakanya, nokia lebih memilih memakai Windows untuk OS-nya. Dan saya lihat harganya cukup “selangit”. Karena berat di ongkos, maka saya singkirkan dari kandidat ponsel yang akan datang hehehe.

Maka mulailah saya berfikir untuk tidak membeli merk, tapi membeli speknya aja. Ini mungkin alasan wajar bagi yang cekak budget tapi ingin merasakan spek yang lumayan baik. Iphone memang terkenal canggih, tapi terkenal juga harganya yang tinggi. Samsung juga sudah mengeluarkan ponsel android, namun dengan budget pas-pasan hanya akan mendapatkan spek yang jadul dan pas-pasan.

Maka pilihanpun jatuh pada ponsel china. Tapi pilihan ke HP china harus lebih hati-hati. Selain buaanyaknya produk yang bisa dipilih. Ponsel china juga terkenal lebih ringkih dan mudah rusak, sekali rusak mending beli baru daripada servis.

Mulailah saya browsing internet untuk memilah milih Hape China dengan kriteria:
1.       Operasi sistem Android minimal GingerBread, Karena katanya OS Android di Hape China tidak mudah untuk di Upgrade versi-nya.
2.       Memori internal lumayan besar dengan tambahan slot memori eksternal.
3.       Menyediakan slot dual sim, ini juga penting karena selama ini memang menghidupi 2 kartu di 2 hape nokia. Nokia dual sim sekarang Cuma pake Java OS-nya.
4.       Touchscreen dengan layar lebar, dah terlanjur suka layar sentuh sih. Dan layar besar biar mata bisa tetep adem mbaca data maupun surfing internet.
5.       Kinerja cepat, tentu tergantung pada prosesor dan Ram yang cukup besar.
6.       Kamera  dengan hasil yang cakep, biar memori dan kenangan bisa tersimpan baik.
7.       Ada Fasilitas GPS terpandu. Ini untuk membantu kerja lapangan saya.
8.    Bisa memainkan game android yang baru, meski tak harus fantastis (sadarlah..., main game di Hape gak bakalan seenak di PC atau laptop) 


Setelah berhaari-hari browsing, ada beberapa merek dan type hape yang cukup menarik.
1.       Cross, awalnya tertarik tipe Andromeda A7*, dengan layar lebar dan CPU 1Giga-nya. Barunya 1 juta lebih dikit, second-nya 850 ribuan. Tapi setelah beberapa waktu, bermunculan varian cross lain yang lebih baik speknya. Terpaksa deh browsing lagi untuk memastikan pilihan. Ada A25,A26, A27, A28 dan mungkin akan ada A-A-A lainnya.
2.       Advan, tertarik saat lihat iklan dengan bintan sherina, Advan S5 yang mirip Note-nya Samsung.
3.       Mito, Iklan Afgan yang bilang mito gak Nge-lag bikin saya tertarik juga.
4.       Acer (ini karena kebetulan punya laptop Acer, jadi saya masukkan sebagai kandidat). Yang sesuai budget adalah type Z1101 kalo gak salah.
5.       Selain itu saya juga nggak nutup kemungkinan merk lain untuk dipilih saat sudah di toko Hape.

Setelah selesai menentukan kandidat mulailah perburuan di toko Hape. Untuk daerah Boyolali, mencari Hape yang canggih dengan harga murah ternyata tidak mudah. Karena saya berharap bisa beli yang baru dengan harga murah, akhirnya saya putuskan beli di Jogja.

Ada 2 tempat yang saya datangi, Sekitar jalan Moses gatotkaca dan Jalan Gejayan (timur UNY). Sore itu, sekitar 3 jam keliling, saya sadar, daerah situ lebih banyak jual hape second yang bermerk, semacam Blackberry, Iphone, Nokia, Samsung maupun Sony. Tidak banyak saya temui penjual hape Cina baru dan terkini. Kalopun ada harganya terhitung diatas perkiraan.

Malamnya, saya teruskan perburuan ke ramai Mall dekat Malioboro. Selain lebih nyaman karena nggak khawatir kehujanan, disini juga banyak pilihan toko untuk perbandingan. Yang second bermerk ada banyak, yang baru-pun juga banyak yang jual.

Pada hape china, penjual tidak segan untuk membuka dus maupun menghidupkan handset untuk dicoba calon pembelinya. Ini tentu tidak terjadi pada hape baru yang ber-merk. Berkali-kali saya pindah toko setelah sampai kesimpulan  dan bilang “Nggak Dulu deh”, “Saya cari yang lain dulu deh” tanpa lupa bilang “maaf ya” dan “terima kasih”. Sambil muter-muter, pilihan saya condong ke Cross A26 dengan spek yang lumayan mumpuni. A26 saat ini masih terhitung baru, sehingga belum ada barang second-nya, dan di internetpun belum banyak yang memberikan review berdasarkan pengalaman pribadi.

Ada banyak merek lain dengan spek yang lebih tinggi, namun harganya jauh diatas A26. Sebaliknya dengan harga sepadan A26 banyak merek lain yang spek-nya lebih rendah. 

Pada A26 ini, saya dapati harga yang berbeda pada beberapa toko. Ada yang Rp 1.350.000,- dengan bonus Screenguard terbaik. Ada yang memberi harga nett Rp 1.300.000,- dan ada juga yang memberi harga awal 1.4 jutaan. Namun hanya ada satu toko yang memberi nett 1.275.000,-  yaitu YOGYA Celluler. Saya pun berhenti disitu dan deal untuk membeli. Karena memory eksternalnya masih kosong, saya beli sekalian yang 4 giga seharga Rp 45.000,- untuk diisi full aplikasi dan game android.

Beberapa hal yang saya suka yang menjadi kelebihan Cross A26:
1.       Tampilannya Oke, simpel dan tidak terlalu tebal.
2.       OS Androidnya sudah 4,  IceCream Sandwich, meski awalnya tidak banyak tahu apa bedanya dengan versi sebelumnya, tapi yang penting dah cukup terbaru (Hape China masih jarang yang pake jellybean).
3.       Layarnya cukup lebar, 5 inchi, terlihat lebar karen hanya ada speaker dibagian atas dan 4 tombol touchscreen berjajar di bawah.
4.       Tidak ada Merk Cross di bagian depan, lain dengan merk lain yang memampangkan mereknya secara menonjol (walhasil, ada yang mengira saya sedang megang Iphone (tentu ini orang gak biasa lihat Iphone) paling tidak mereka gak tahu saya megang Hape China hehehe).
5.       Mendukung Dual SIM, sim pertama akses data-nya HSDPA/3G sementara SIM keduanya EDGE.
6.       Memory Internalnya 4 Giga. Tapi kata penjualnya, nanti sebagian termakan sytem bawaan, jadi yang terbaca mungkin setengah atau ¾ nya. Karena itulah penjual menyarankan nambah memory eksternal untuk aplikasinya. Saat ini dah saya ganti SD card-nya dengan yang 16 Giga seharga Rp 100.000,-
7.       Kameranya lumayan bagus, kamera utama di belakang 8 MP dengan auto fokus dan ada lampu blitz, dan tambahan kamera depan 1.3 MP. Artinya, Hape ini sudah mendukung Video calling.
8.       CPU-nya dah dualcore 1 Giga, jadi saya berharap hape ini gak lemot menjalankan aplikasinya.
9.       Hape ini bisa saya instal GPS offline, jadi selain ada Navigation, Google Map dari Google yang pake pulsa, saya bisa pake Sygic, Papago maupun Ndrive secara gratis tanpa pulsa (tentu saja setelah melewati teknis install yang agak ribet), jadi gak bakalan tersesat di jalan (kecuali Batre dah habis hehehe).
10.   Ada tambahan bawaan, antara lain ada kitab panduan yang sederhana (karena kayaknya cuman hasil browsing dari intenet kemudian dicetak sebagai Buku panduan hehehe), Handsfree apa adanya ( gak penting, toh bisa pake handsfree Nokia lawas saya), Charger yang juga bisa berfungsi sebagai kabel data dan Pouch atau apapun namanya yang bentuknya seperti dompet tipis untuk pelindung HP.


Kekurangan Cross A26 yang saya rasakan :
1.       Kameranya, meski 8 MP tapi tak bisa nangkap gerakan dengan baik, so untuk mendapatkan hasil terbaik pastikan obyek foto anda diam tidak bergerak. Demikian juga dengan kamera depan yang 1.3 MP hasilnya juga kurang maksimal. Namun ini bisa disiasati dengan pengambilan saat cuaca dan pencahayaan baik, serta dengan install aplikasi kamera yang bisa diunduh di Google Play.
2.       Batrenya dah 2500 Mah, tapi dengan aplikasi yang seabreg, memang serasa kurang mumpuni, alhasil saya sering mencharge bila banyak terpakai game dan aplikasi. Untuk penggunaan normal bisa tahan 2 harian. Ini masih bisa disiasati dengan meminimalkan penggunaan aplikasi. Tutup atau matikan aplikasi yang sedang jalan tapi tidak digunakan.
3.       Ini memang bukan kekurangan di Hape, tapi penggunaan pulsa terasa semakin deras. Bisa dimaklumi, karena jika sambungan data terbuka, banyak aplikasi yang berjalan akan otomatis update, termasuk Facebook yang akan senantiasa terupdate notifikasinya. Inipun bisa disiasati dengan:
a.       Mematikan Update otomatis aplikasi.
b.      Mematikan sambungan data (pada hape ini cukup dengan menarik menu yang tersembunyi di bagian atas, kemudian klik pada ikon sambungan data)
c.       Pandai-pandai pilih operator. Pilih paket yang memang diperuntukkan untuk Smartphone/android. Misalnya Paket mentari smartphone, atau Simpati Smartphone yang rata-rata 50-60 rbuan untuk sebulan dengan quota data 600 MB-1,2 Giga.
4.       Hape akan melambat bila terlalu banyak aplikasi diinstal di memory Internal, karena itu jangan lupa memindah aplikasi yang diinstall ke SD card (memory Eksternal).
5.       Sampe saat ini, hape masih original, karena saya masih khawatir untuk root systemnya. Dengar-dengar tidak mudah me-root Hape China. Selain itu, kinerja bawaan dah cukup mantap.

Overall, selama saya pake hape ini saya puas dengan kinerjanya. Meski harus adaptasi dengan pengoperasian OS Android, tapi saya senang mencoba hal baru.



Spek Lengkapnya:
GENERALNetworkGSM 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 3G HSDPA 900 / 2100
LAYARTipeTFT Capacitive Touchscreen
Ukuran5.0 INCH WVGA 480X800 piksel
DIMENSIUkuran/Berat-
AUDIOFiturVibration, Polifonik,MP3 Ringtones
Jack3,5 mm Jack Audio
SpeakerphoneYa
MEMORYInternal4 GB, 512 MB RAM
EksternalmicroSD, up to 32 GB
DATA3GHSDPA, HSUPA
EDGEYa
GPRSYa
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot
BluetoothYa, with A2DP
InfraredTidak
USB/PortmicroUSB v2.0
KAMERAPrimer8 MP Auto Focus
Sekunder1.3 MP
Video RecordYa
BATERAITipeStandard battery, Li-Ion
Standby-
Talk Time-
FITUROSAndroid OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)
CPU1 GHz Dual Core
BrowserHTML
GPSYa, with A-GPS
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
JavaVia Java Emulator, Fitur tambahan: Radio FM Google Play Store, Gmail, Google Maps, YouTube, GPS, light sensor, proximity sensor, 3D gravity sensor, E-Compass, tethering dan portable hotspot, video chat, calendar, calculator, alarm clock, game
FITUR LAINMultiple SIMDual SIM GSM (dual standby)
Video PlayerMP4/H.264/H.263 player
MP3 PlayerMP3/WAV/eAAC+ player
Audio RecordYa
TVTidak

Kumpulan tips dan trik internet 2016, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : asuransi, prudential indonesia, asuransi prudential, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi mobil, asuransi sinar mas, pengertian asuransi, asuransi jiwa, asuransi indonesia

Anda sedang membaca artikel Review Cross A26, Kelebihan dan Kekurangannya di Master Kids99. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://masterkids99.blogspot.com/2013/04/cara-cepat-menurunkan-ranking-blog-kita.html atau http://masterkids99.blogspot.com/2013/04/tampilan-baru-untuk-edit-html-di-blogger.html.

Semua artikel yang ada di Master Kids99 adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah " Teknologi memang sangat menggoda, terutama bagi mereka yang tidak mau ketinggalan jaman dan dikatakan katrok. Itu pula yang menimpa saya, m..."

Buat yang ingin membuat blog atau website dengan harga terjangkau kalian bisa buka AsiadevMedia.com untuk melihat harga detailnya.

No comments:

Post a Comment