Trik Mengendarai Mobil

" Hari kedua kembali mendapat sesuatu yang baru.   Datang ke lokasi jam 14.55, pas berbarengan dengan selesainya sesi siswa jam sebelumnya. ..."

Selamat siang kawan Master Kids99 kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Trik Mengendarai Mobil, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://masterkids99.blogspot.com/2012/01/trik-mengendarai-mobil.html dan berikut adalah artikel yang membahas Trik Mengendarai Mobil,,oke deh langsung saja berikut tips Trik Mengendarai Mobil.


Hari kedua kembali mendapat sesuatu yang baru.  Datang ke lokasi jam 14.55, pas berbarengan dengan selesainya sesi siswa jam sebelumnya. Kali ini kendaraan yang tersedia adalah si mungil Karimun. 

Pak Tri tidak langsung menyuruh saya pegang kemudi,  namun dibawanya mobil ke lokasi yang cocok untuk pelajaran hari ini. Setelah mengisi bensin, mobil diarahkan ke Jalan dengan lalu lintas dua arah namun tidak terlalu ramai. Setelah berhenti, kami bertukar posisi.

Setelah masuk ke ruang kemudi, saya dapati memang ruangnya agak sempit tapi cukup untuk pergerakan biasa. Pak Tri memberi instruksi untuk mencoba pedal-pedal bawah, pedal kopling dan terutama pedal gas dan rem. Setelah mencoba injak beberapa kali, terasa bahwa pedal karimun lebih nyaman bagi pemula karena tidak terlalu senditif. Ini agak menguntungkan karena bagaimanapun, pemula mungkin masih merasakan sedikit kaku pada pergerakannya terutama pergerakan kaki, sehingga pedal yang agak keras justru terasa agak nyaman. Selain itu, melihat body karimun yang memang lebih ringkas, maka fokus penglihatan dan “perkiraan” body akan lebih mudah dilakukan.

Setelah mesin saya nyalakan,  pak Tri-pun menyuruh saya menjalankan mobil.  Injak penuh pedal kopling, masuk ke gigi 1, kemudian angkat pelan pedal kopling, setelah agak bergetar sebentar mobil bergerak ke depan secara pelahan. Saya putar stir ke kanan untuk masuk lintasan kemudian saya luruskan ke depan searah dengan jalan, kemudian lepas pijakan pada kopling dan perlahan tekan gas untuk menambah kecepatan.

Setelah mendekati perempatan, pak Tri memberi instruksi yang sangat jelas ”Nyalakan lampu sein kiri, pelan kurangi tekanan gas hingga lepas, tekan kopling hingga penuh, bantu memperlambat mobil dengan injak rem secara halus.  Untuk melihat kanan kiri, hentikan mobil dengan menekan rem, setelah dirasa aman, lepaskan rem disusul kurangi tekanan pedal kopling, bersamaan dengan memutar stir ke kiri” Setelah posisi mobil lurus jalan, kecepatan kembali kutambah dengan menekan gas secara halus.

Nampaknya pak Tri ingin memfokuskan pada kemampuan berbelok, terutama belok kiri, karena selama perjalanan saya banyak disuruh belok kiri. Memang terasa memutar, tapi jalan yang dipilih senantiasa berbeda, masuk-masuk kampung sehingga lama-lama agak terbiasa. Yang saya rasa agak sulit, awalnya memperkirakan sudut jalan. Karena tidak mungkin melihat pergerakan ban depan, jadi yang dipake adalah perkiraan dari pergerakan membelok yang perlahan. Kadang bisa terlalu tajam (terlalu semangat memutar stir ) atau terlalu lambat sehingga masuk ke jalur arah berlawanan.

Pada saat tiba di jalan menanjak sebelum persimpangan, pak Tri menyuruh saya menepikan mobil kemudian mematikan mesinnya (tentu saja setelah tahapan lepas kopling dan pijak rem dan tarik rem tangan)
Oia, ada satu pesan dari pak Tri, dalam keadaan mobil berhenti/parkir, sebaiknya bukan hanya diamankan dengan rem tangan, namun juga ditambah dengan memasukkan gigi 1, hal ini akan mencegah mobil bergerak bila rem tangan lepas. Bahkan trik ini juga bisa mencegah orang mendorong mobil dalam keadaan mati.

Lanjuuuut,  pada pemberhentian tersebut pak Tri kembali mengingatkan cara berhenti di jalan tanjakan tanpa menginjak rem. Yaitu dengan menyelaraskan pijakan gas dan kopling sehingga mobil akan tertahan meski di jalan menanjak. Tidak bergerak maju, namun juga tidak akan Ngglondor mundur. Trik-nya adalah dengan menstabilkan pijakan gas pada 2000 RPM, kemudian menggerakkan pedal kopling dan mencari “titik temu” sehingga kekuatan mesin akan muncul dan menahan mobil supaya tidak bergerak maju amupun “ngglondor” ke belakang. Setelah mesin menyala, di tepi jalan tersebut pak Tri menyuruh saya menemukan ‘titik temu” kopling dan gas. 

Setelah beberapa kali bisa ketemu titik yang dimaksud. Pak Tri mengarahkan saya untuk mencoba dijalan menanjak dan kemudian berbelok di pertigaan. Maka saya arahkan mobil ke lintasan jalan, menanjak, setelah ada aba-aba berhenti, saya tekan perlahan pedal kopling disusul dengan menekan rem penuh hingga berhenti. Sedetik kemudian saya lepas rem langsung beralih menekan gas sehalus mungkin hingga stabil di 2000 RPM,hampir bersamaan saya lepas perlahan pijakan pada kopling untuk mendapatkan ‘titik temu” dengan kekuatan gas. Yup, ternyata bisa..., ada getaran mesin, namun mobil tidak bergerak ke depan maupun ngglondor ke belakang. Berhasil..... berhasil...Horeee...!!! (Gaya Dora The Explorer hehehe).

Trik selanjutnya adalah melewati Polisi tidur secara halus, beberapa kali kami melewati polisi tidur yang ada di jalan kampung. Saat awal menjelang hingga melewati polisi tidur, pak Tri memberi aba-aba “ Kurangi gas..., tekan kopling..., tekan rem perlahan untuk memperlambat, lepas rem...,lepaskan kopling perlahan supaya mesin jalan, tekan pedal gas untuk menambah kecepatan”

Selanjutnya kami menghabiskan waktu sisa kursus hari ini dengan banyak melatih berbelok, melewati tanjakan, berbelok melintasi jalur di perempatan, berganti gigi, melewati beberapa polisi tidur, pencet klakson dll.

Terakhir yang harus diingat, alas kaki juga berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Latihan hari ini saya masih memakai sepatu kantor, sehingga agak kaku saat memainkan pedal kopling, rem dan gas...., mungkin sebaiknya pilih sepatu atau alas kaki yang lebih lentur saat mengendarai mobil...

Kumpulan tips dan trik internet 2016, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : asuransi, prudential indonesia, asuransi prudential, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi mobil, asuransi sinar mas, pengertian asuransi, asuransi jiwa, asuransi indonesia

Anda sedang membaca artikel Trik Mengendarai Mobil di Master Kids99. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://masterkids99.blogspot.com/2012/02/trik-melewati-jalan-berlubang.html atau http://masterkids99.blogspot.com/2012/01/trik-mengendarai-mobil.html.

Semua artikel yang ada di Master Kids99 adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah " Hari kedua kembali mendapat sesuatu yang baru.   Datang ke lokasi jam 14.55, pas berbarengan dengan selesainya sesi siswa jam sebelumnya. ..."

Buat yang ingin membuat blog atau website dengan harga terjangkau kalian bisa buka AsiadevMedia.com untuk melihat harga detailnya.

No comments:

Post a Comment