Trik Mengendarai Mobil Mundur

" Pada   pertemuan ke empat kursus stir mobil...., kembali bertemu dengan si mungil karimun.... Jam 15 kurang 5 menit, pak Tri sudah mengaja..."

Selamat siang kawan Master Kids99 kali ini admin bakal membuat artikel yang berjudul Trik Mengendarai Mobil Mundur, karena kemarin admin telan membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://masterkids99.blogspot.com/2012/02/trik-melewati-jalan-berlubang.html dan berikut adalah artikel yang membahas Trik Mengendarai Mobil Mundur,,oke deh langsung saja berikut tips Trik Mengendarai Mobil Mundur.




Pada  pertemuan ke empat kursus stir mobil...., kembali bertemu dengan si mungil karimun....

Jam 15 kurang 5 menit, pak Tri sudah mengajak untuk memulai tour. Setelah mengisi bensin, pak Tri mengarahkan mobil ke satu gang sepi di sebuah perumahan. “Hari ini kita akan berlatih gigi mundur + cara beloknya” kata pak Tri memulai “pelajaran” . Ahhaaaa., ini salah satu yang saya tunggu,  karena menurut hasil surfing di internet, salah satu ujian praktek untuk mendapatkan SIM A adalah memarkir kendaraan baik ke arah depan maupun ke arah belakang. Artinya materi hari ini sangat penting dan harus saya kuasai.
Pak Tri memberikan beberapa penjelasan dan trik mengemudi mundur.

“Ketika mengemudi mundur, kita mengandalkan pandangan melalui kaca spion kanan dan kiri. Karena pandangan yang terbatas, tentu kita harus banyak berlatih dan berhati-hati dalam prakteknya. Saat anda duduk di kursi pengemudi, coba fokuskan perhatian pada kaca spion kiri (maksudnya pandangan melalui kaca spion kiri). Posisi spion yang benar akan memperlihatkan badan mobil setidaknya dari pertengahan hingga bagian belakang.”

Saat itu, mobil terparkir di atas aspal dengan tepi jalan yang berumput. “Sekarang coba perhatikan lewat kaca spion kiri, Fokus perhatian adalah pertengahan badan mobil bagian belakang, kemudian tarik garis imaginer lurus ke bawah /roda belakang, kemudian tarik garis ke arah luar kira-kira 20 cm”. “Untuk mengetahui bahwa mobil telah lurus searah tepi jalan, maka yang kita perhatikan saat berjalan mundur adalah dengan meluruskan bodi mobil dari arah depan ke belakang, lurus dengan batas tepi jalan, entah berupa rumput ataupun selokan dengan jarak aman kira-kira 20 cm.”

“Saat waktunya berbelok, putaran stir dimulai ketika roda belakang sejajar dengan tikungan (bisa dengan patokan batu, tembok, tiang, maupun batas rumput pada poros tikungan) dengan jarak sekitar 20 cm”. Pergerakan mobil diusahakan pelan dengan pengendalian pada pedal kopling tanpa pedal gas (tentu pada medan yang datar). Dengan putaran penuh kekiri, bodi mobil akan segera membelok tajam kekiri, dengan memperhatikan batas jalan (rumput atau selokan), kita bisa balas putaran stir kekanan saat bodi mobil  sudah hampir sejajar dengan batas tepi jalan, kemudian gerakkan stir kanan-kiri seperlunya hingga bodi mobil sejajar batas tepi jalan.

Setelah selesai penjelasan, sayapun memulai latihan praktek.  Latihan awal dengan track lurus. Injak pedal kopling dan pedal rem, nyalakan mesin kemudian masukkan gigi ke kanan bawah pada tanda “R”. Lepaskan pedal rem disusul perlahan lepas kopling hingga mobil bergerak mundur perlahan. Perhatian beralih ke spion kiri untuk melihat bodi mobil dan tepi garis jalan dan rumput di tepiannya.  Penekanan pedal rem untuk menyesuaikan kecepatan gerak mundur sambil mensejajarkan bodi mobil dengan tepi jalan. Pada jalan datar tidak perlu menekan pedal gas mobil sudah bergerak. Bila ingin lebih cepat, tinggal kendorkan pedal kopling.
Percobaan  tiga kali track lurus sudah cukup untuk memastikan bahwa pergerakan mobil bisa sesuai garis tepi jalan. Perhatian pada spion kiri dengan asumsi bahwa sebelah kanan mobil aman (jauh dari obyek lain), bila disebelah kanan adalah lalu lintas tentu tetap harus membagi perhatian pada spion kanan.

Cukup dengan track lurus, pak Tri menyuruh untuk mencoba mundur dan berbelok kekiri. Mula-mula mobil diparkir di kiri jalan, selanjutnya perhatikan tikungan dibelakang lewat spion kiri, pastikan bahwa kita punya patokan dimana kita akan mulai membelok (bisa batu, tiang, atau batas rumput ditepi tikungan tersebut. Saat mobil bergerak perlahan ke belakang, luruskan pergerakan mobil pada jarak sekitar 20 cm dari patokan yang kita pilih (untuk jalan yang sempit). Setelah roda belakang sejajar dengan patokan tersebut, putar penuh stir ke arah kiri. Disini dianjurkan menjalankan mobil dengan perlahaaaan sambil memperhatikan respon/pergerakan bodi mobil lewat spion kiri.  Ketika di kaca spion sudah mulai terlihat tepi jalanyang  lurus, maka stir bisa diputar ke kanan hingga melewati batas normal (hal ini untuk membalas sisa belokan kekiri). Sambil jalan masih perlahan perhatikan bodi mobil, saat terlihat akan menjauh dari tepi jalan, posisikan stir pada posisi normal atau digerak kekiri-kanan untuk meluruskan bodi mobil sejajar jalan.

Trik mundur tersebut juga berlaku (dengan aturan sebaliknya) untuk membelok ke kanan. Bisa divareasikan dengan memarkir terlebih dahulu di kanan jalan, kemudian mundur belok ke kiri dan parkir di kiri jalan, dan juga sebaliknya.  Hal ini untuk membiasakan perbedaan belok kanan kiri antara pergerakan maju dan mundur. Awalnya agak sulit karena kita mengandalkan penglihatan dari kaca spion yeng tentu saja membatasi pandangan kita. Banyak latihan akan memberi pemahaman Bagaiana Cara berkendara yang baik.

Kumpulan tips dan trik internet 2016, disini kamu juga bisa menemukan semua tips yang sudah admin pilihkan untuk kamu seperti : asuransi, prudential indonesia, asuransi prudential, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi mobil, asuransi sinar mas, pengertian asuransi, asuransi jiwa, asuransi indonesia

Anda sedang membaca artikel Trik Mengendarai Mobil Mundur di Master Kids99. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://masterkids99.blogspot.com/2012/02/trik-unik-lolos-ujian-tes-cpns-20112012.html atau http://masterkids99.blogspot.com/2012/02/trik-melewati-jalan-berlubang.html.

Semua artikel yang ada di Master Kids99 adalah artikel pilihan yang sudah admin pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang barusaja kamu baca bisa bermanfaat.

Kesimpulan artikel ini adalah " Pada   pertemuan ke empat kursus stir mobil...., kembali bertemu dengan si mungil karimun.... Jam 15 kurang 5 menit, pak Tri sudah mengaja..."

Buat yang ingin membuat blog atau website dengan harga terjangkau kalian bisa buka AsiadevMedia.com untuk melihat harga detailnya.

No comments:

Post a Comment